Ketika Kita telah memutuskan akan berkarir sebagai pengembang web. Perlu diketahui bahwa sebuah website itu terdiri dari beberapa pekerjaan yang meliputi konsep desain awal, bagian front-end yang mengerjakan sisi interface untuk pengguna dan bagian back-end yang membuat semuanya berjalan lancar.

Meskipun pekerjaan sebenarnya memiliki perbedaan besar, tetapi karena pada akhirnya akan menjadi satu kesatuan sehingga menjadi sulit untuk mengetahui bagian mana yang lebih Kita pilih. Mari kita coba melihat perbedaan pekerjaan dari seorang web designer dan developer sehingga kamu dapat mengejar karir yang cocok!

Apa itu Web Developer ?

Web Developer yaitu seseorang yang membangun sebuah Website. Web developer juga bisa dibilang sebagai seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengelola website.

Web Developer pada umumnya dapat dibagi kepada beberapa bagian :

  • Web Designer (UI/UX Designer)
  • Front-end Web Developer
  • Back-end Web Developer
  • Full-stack Web Developer

Sebenarnya selain diatas masih banyak bagian-bagian lainnya, namun saya hanya akan membahas yang ada diatas saja.

Apa itu Web Designer (UX/UI Designer)​ ??

Web Designer merupakan seseorang yang mendesain sebuah website. Maksud dari mendesain ini adalah sang designer ini yang membuat gambaran website akan seperti apa (wireframe) dan terlihat seperti apa (mockup).

Web Designer biasanya bekerja menggunakan tools seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Sketch (Mac), dan tools-tools lainnya. Mereka pun biasanya menggambar terlebih dahulu di kertas sebelum mereka membuat desainnya di aplikasi.

Web Designer ini pada dasarnya sama sekali tidak bermain dengan kode. Namun beberapa Web Designer memiliki keahlian HTML dan CSS bahkan Javascript (walaupun sebenarnya untuk keahlian ini biasanya wajib dimiliki Front-end Web Developer).

Front-end Developer ?

Apa sih sebenarnya front-end Developer itu ? Front-end Web Developer adalah seseorang yang mengerjakan kode layout sebuah website yang sebelumnya layout dan gambaran websitenya sudah dikerjakan oleh Web Designer.

Front-end Web Developer setidaknya harus memiliki keahlian di HTML, CSS dan Javascript. Ketiga keahlian tersebut merupakan fondasi penting untuk seorang Front-end Developer. Front-end Developer kebanyakan sudah bisa menguasai framework CSS ataupun Javascript seperti Bootstrap, Ajax, JQuery dan lain lain. Terkadang seorang Front-end Web Developer ini merangkap tugas menjadi Web Designer.

Back-end Web Developer​ ?

Back-end Web Developer merupakan seseorang yang mengerjakan sistem bagaimana sebuat website bekerja. Sistem website ini merupakan sistem yang berjalan di dalam suatu server (server-side).

Back-end Web Developer-lah yang bermain dengan bahasa pemrograman server (server-side languange) seperti PHP, JSP, atau ASP. Mereka pula-lah yang biasanya mengurusi urusan Database seperti MySQL, Oracle, dan lain lain. (Pada perusahaan besar biasanya pekerjaan ini dikerjakan oleh Database Analyst)

Full-stack Web Developer​ ??

Full stack developer adalah sebutan bagi mereka yang membangun web dari frontend hingga backend. full stack developer merupakan salah seseorang yang nyaman bekerja atau merangkap tugas sebagai back end dan front end developer. Lebih spesifiknya, developer bisa bekerja dengan javascript, PHP, java, database (backend) dan juga bisa mengkonversi desain ke dalam kode pemrograman seperti HTML, CSS, XML (front end).

Leave a Comment

Your email address will not be published.