Kreatindo

logo kreatindo
Kreatindo.com

PERKEMBANGAN TEKLNOLOGI DI ERA GLOBAL

Perkembangan teknologi pada saat ini sudah sangat majun (canggih), salah   satunya adalah perkembangan media informasi dan promosi yang digunakan sebagai alat bantu komunikasi dalam penyampaian  suatu  data yang diolah menjadi bentuk media yang lebih spesifik dan berguna bagi masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka penggunaan media informasi dan    promosi dapat memberikan manfaat yang sangat besar, baik dalam kualitas maupun nilai informasi yang disampaikan. Sehingga dalam penyajian informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat, tepat, dan lengkap tanpa harus melalui proses yang  sangat panjang dan tidak membutuhkan waktu yang sangat lama.  Salah satunya adalah media informasi dan promosi dalam bentuk buku company profile yang dapat menggambarkan suatu profil perusahaan, atau suatu lembaga pendidikan secara lengkap dan terperinci.

LANDASAN TEORI

 

Pengertian Enriching

Menurut Kamus Besar Bahasa Inggris Enriching berasal dari kata rich yang artinya kaya. Enriching adalah memperkaya suatu barang atau meningkatkan dari suatu produk sebelumnya. Dalam pengertian lain enriching adalah meningkatkan suatu produk dari segi kekurangan produk tersebut agar hasil yang diinginkan tercapai dan terpenuhi.

Pengertian Buku

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia buku mempunyai arti yaitu lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong. Sedangkan menurut Oxford Dictionary buku mempunyai arti sebagai hasil karya yang ditulis atau dicetak dengan halaman-halaman yang dijilid pada satu sisi ataupun juga merupakan suatu hasil karya yang ditujukan untuk penerbitan. Sedangkan menurut the face dictionary, buku adalah kumpulan dari suatu tulisan yang kemudian dicetak atau berupa halaman-halaman kosong yang dijilid, pada satu sisi yang dilindungi oleh kertas yang tebal yang melindungi sebagai cover.

Pengertian Company Profile

company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan suatu image atau citra dari perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan relasi perusahaan, lembaga dan instansi yang terkait lainya.

Secara umum identitas yang biasa dipergunakan sebagai tanda pengenal suatu lembaga ataupun perusaaan dalam bentuk sebuah buku yang berisi mengenai latar belakang perusahaan secara keseluruhan, aset-aset perusahaan, visi-misi perusahaan, struktur organisasi, alur kerja perusahaan secara keseluruhan, serta aset perusahaan secara keseluruhan yang dimuat dalam bentuk buku company Profile.

Company profile tersebut sebagai aset perusahaan yang dipegang dan dimiliki oleh setiap perusahaan atau lembaga. Dimana companya profile, selain sebagai aset perusahaan juga berfungsi sebagai tanda atau identitas dari perusahaan dalam menjalin kerjasama atau relasi yang baik dengan perusahaan,lembaga, atau instansi terkait lainnya.

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks, gambar, atau foto.

Media juga bisa di sebut dengan  saluran penyimpanan pesan komersial kepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran media tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, internet, buku profil, media luar ruangan, iklan transit dan direct mail.

Altervatif Media

Macam-macam media komunikasi grafis dapat di kelompokkan sebagai berikut :

Media Komunikasi Cetak atau visual, contohnya poster (dalam dan luar), stiker, sampul buku, pembungkus, selipat (folder), selebaran (leaflet), amplop dan kop surat, tas belanja, katalog,iklan majalah dan surat kabar.

Media Luar Ruangan, contohnya seperti spanduk (banner), papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil books.

Media Elektronik, contohnya radio, televisi, internet, film, program video, animasi komputer.

Tempat Pajang (Display), contohnya etalase (window display), point of purchase,desain gantung, floor stand.

Barang Kenangan, contohnya kaos, topi, payung, gelas, aneka souvenir, tas,sandal, dan sebagainya.

 

Konsep Dasar Informasi

 

Pengertian Data

Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkan adanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai.

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang.

Tetapi pengertian informasi dalam sistem informasi menjadi terbatas, bahwa informasi dalam sistem informasi harus dipahami atau dimengerti (jelas).

jenis-jenis informasi dijelaskan sebagai berikut :

  • Informasi manajerial

Informasi strategis untuk manajerial tingkat atas, informasi taktis untuk manajerial tingkat menengah, dan informasi operasional untuk manajerial tingkat bawah.

  • Sumber informasi

Sumber informasi dibagi, menjadi informasi internal dan eksternal. Informasi internal adalah informasi yang menggambarkan keadaan (profile), sedangkan informasi eksternal adalah informasi yang menggambarkan ada tidaknya perubahan di luar organisasi. Informasi ini biasanya lebih banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan manajerial tingkat atas.

  • Informasi rutinitas

Informasi rutinitas, dibagi menjadi informasi rutin dan insendentil. Informasi rutin digunakan secara periodik terjadwal dan digunakan untuk penanggulangan masalah rutin, sedangkan informasi insendentil diperlukan untuk penanggulangan masalah khusus.

PEMBAHASAN

  • Perkembangan Produk

Oleh sebab itu, agar lebih lengkap dan menarik perhatian serta dapat membangun image atau citra dari Perguruan Tinggi Raharja buku company profile yang ada pada saat ini harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja mulai dari sejarah, visi dan misi, status akreditasi, mutu kualitas, prestasi akademik, sampai dengan keunggulan-keunggulan dari masing- masing jurusan, serta fasilitas sarana dan prasarana. Sehingga design dan isi informasi dari setiap halaman yang ada pada buku Company Profile sesuai dengan citra, sistem, dan fasilitas yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja saat ini dan memberikan nilai lebih sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan dalam mengimplementasikan promosinya.

  • Material Produk

Dalam mengimplementasikan karyanya berupa Media Komunikasi   Visual               penulis menggunakan material produk yang di dalamnya.

  • Spesifikasi Produk

 

Agar lebih lengkap dan menarik perhatian serta dapat membangun image atau citra dari Perguruan Tinggi Raharja, maka media informasi dan promosi dalam bentuk desain komunikasi visual yang digunakan yaitu berupa buku company profile, diharapkan dapat memberikan banyak manfaat baik bagi masyarakat luas. Adapun manfaat, kelebihan, dan kekurangan dari buku company profile yaitu sebagai berikut :

 

Manfaat

  1. Dapat menjadi media informasi dan promosi yang efektif dan efisien
  2. Memperoleh kemitraan dengan relasi dan masyarakat dengan luas
  3. Dikenal banyak masyarakat
  4. Menghemat waktu dalam proses penyampaian
  5. Mudah dimengerti oleh
  6. Lebih menarik karena tampilan desain yang menarik
  7. Mudah rusak
  8. Proses produksi yang sulit
  9. Proses produksi yang cukup lama
  10. Biaya produksi cukup besar

 

 

Market Analisis

Market analisis adalah investigasi terdokumentasi dari pasar yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan perencanaan instansi terutama sekitar keputusan persediaan, pembelian, perluasan tenaga kerja, fasilitas, pembelian peralatan modal, kegiatan informasi dan banyak aspek lain dari instansi.

Market Positioning

Positioning merupakan penempatan pesan dibenak audience. Pada celah mana suatu image atau citra “pesan” mengenai produk, jasa, ide atau gagasan akan diposisikan di dalam benak konsumen, relatif.

Melalui analisis pasar perlu diidentifikasi peran setiap orang dalam pengambilan keputusan, hal ini sangat penting karena mempunyai implikasi dalam merancang media, menentukan pesan-pesan komunikasi, dan mengalokasikan anggaran promosi. Sehingga, Perguruan Tinggi Raharja dapat memilih, mengembangkan dan mengkomunikasikan konsep positioning yang dipilih.

Informasi fisik

Informasi fisik, dapat diartikan susunan yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan tenaga pelaksanaan yang secara bersama-sama saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk, dan system

 

Jika anda berminat menggunakan jasa kami

pembuatan web  aplikasi seperti kasir, toko online, web sekolah, DLL bisa menghubungi NO

admin 081217736148

dan bisa langsung  kunjungi website kantor kami KREATINDO.COM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Jasa Pembuatan Website & Apliasi ?

Dapatkan penawaran tebaik ! Hubungi Kami Sekarang

Scroll to Top
Kirim Pesan
Kreatindo.com
Halo, selamat datang di website kreatindo.
Ada yang bisa kami bantu ?